Tuesday, April 7, 2015

Pengertian Internet dan Peranannya

By alwa art spanduk   Posted at  9:50 AM   Pengertian Internet dan Peranannya No comments

 Pengertian internet

Pengertian Internet

Berbicara masalah internet, banyak sekali orang yang menggunakan internet, dari anak kecil sampai dengan orang dewasa bahkan sampai orang yang sudah tua pun pernah menggunakan jasa layanan internet, namun sebagian besar banyak yang tidak tahu apasih arti dari internet tersebut, dan bagaimana sejarahnya.

Pengertian Internet adalah singkatan dari interconnected network  yang artinya sistem jaringan yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Internet memungkinkan perpindahan data antar komputer meski terpisah jarak yang jauh. internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain dengan waktu yang cepat, tanpa dibatasi oleh disik kedua komputer tersebut.

Secara sederhana, internet dapat didefinisikan sebagai jaringan dari jaringan (network of network). setiap komputer yang terhubung dengan jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data dan informasi. hal ini dapat dilakukan dalam komunikasi dua arah secara langsung seketika itu juga (realtime).

Semua orang mempunyai hak yang sama untuk mengakses internet dan tidak ada seorangpun yang menguasai internet. oleh karena itu, internet merupakan sebuah dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan dan batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.

Internet merupakan sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. pada dasarnya, internet adalah kumpulan komputwer atau lebih di seluruh dunia yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer. Internet dapat diibaratkan seperti jaringan laba-laba yang menyeliuti buimi dan terdiri atas titik-titik (node) yang saling berhubungan, Node tersebut dapat berupa personal komputer, laptop, atau peralatan komunikasi seperti handphone PDA (personal Dta Assistance). Node tersebut dapat berfungsi sebagai pusat informasi atau sebagai pengguna yang mencari dan bertukar informasi melalui internet. Garis penghubung antarnode disebut internet backbone yang berupa media transmisi seperti kabel, serat optik, maupun gelombang mikro (microwave).

Untuk dapat menghubungkan semua jenis, tipe, dan sistem komputer yang ada di seluruh dunia, internet harus memili standar yang memungkinkan komputer dapat saling berbicara satu sama lain dalam bahasa yang sama. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) menjadi standart utma jaringan Internet yang dapat menyatukan bahasa dan kode berbagai komputer di dunia.

Jumlah pengguna Internet yang semakin hari semakin besar dan berkembang telah mewujudkan budaya Internet. kehadiran Internet di tengah kehidupan kita sangatlah diperlukan. dengan adanya Internet, berbagai bentuk informasi dan komunikasi dapat diperoleh dan dilakukan dengan lebih mudah. banyak orang menggunakan Internet untuk bekerja dirumah. Para ilmwan menggunakan internet untuk membantu mereka dalam penelitian. Internet telah membawa perubahan besar dalam banyak aspek kehidupan.

Dari segi pendidikan, Internet ibarat perpustakaan besar dan lengkap yang di dalamnya terdapat jutaan bahkan milyaran informasi dalam bentuk teks, gambar, animasi, video dan suara. kita dapat melihat, mengambil, bahkan memiliki informasi tersebut kapan saja dan darimana saja melalui internet. Internet dipandang sebagai dunia maya karena hampir seluruh aspek kehidupan yang ada di dunia nyata ada di internet, seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.

Itulah pengertian Internet dan peranannya dalam kehidupan.
Terimakasi atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

sumber : https://id.wikipedia.org

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 comments:

Back to top ↑
Connect with Us

    Followers

    Powered by Blogger.

What they says

© 2013 Teknologi Komputer. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.