Tuesday, March 31, 2015

TIPS PENCARIAN DI SEARCH ENGINE

By alwa art spanduk   Posted at  10:40 AM   tutorial No comments


Tips Pencarian di Search Engine

 Tips Pencarian di Search EngineDi internet, terdapat ribuan search engine yang dapat diakses secara cuma-cuma. karena fungsinya mirip pintu gerbang bagi pengguna sebelum memasukkan situs web tersebut, banyak yang menyebutkan search engine sebagai portal.
walaupun memiliki fungsi yang kurang lebih sama, setiap search engine memiliki karakteristik berbeda. Hal yang membedakan satu search engine dengan yang lainnya di antaranya kecepatan informasi, kuantitas situs yang dicari, teknik pencarian, dan format hasil pencarian. untuk memudahkan pembelajaran dan alasan praktis, ambil google.com sebagai contoh. ada dua teknik dasar yang bisa dipergunakan saat melakukan pencarian (searching), yaitu menggunakan simbol matematika dan simbol Boolean.

berikut carannya :

1. Menyaring dengan simbol matematika.
simbol pertama yang sangat berguna untuk pencarian dengan mesin pencari adalah plus (+). seorang pengguna dapat menggunakan tanda plus jika ingin mencari dokumen yang memuat lebih dari satu kata kunci.
contohnya : jika kita ingin mencari tentang 'optimasi search engine' maka ketik +tip+
trik+belajar+internet.

saat menerima masukan dengan format semacam itu, mesin pencari akan mencari berbagai dokumen maupun artikel yang memuat kata optimal, search, dan engine di seluruh jaringan internet. Cara ini tentu saja jauh lebih efektif daripada hanya menggunakan kata kunci belajar internet, tip internet, internet, atau tip saja, yang hasilnya akan berupa jutaan link ke situs yang mengandung kata-kata tersebut.

2. Menyaring dengan simbol Boolean
simbol boolean digunakan oleh mereka yang memiliki latar belakang ilmu komputer atau yang terbiasa mengakses basis data (database) konvensional.
Kelebihan dari simbol Boolean adalah simbol ini merepresentasikan jenis pencarian yang tergolong kompleks karena memiliki simbol-simbol tambahan. berikut ini beberapa simbol yang sering digunakan untuk membantu pencarian.
a. OR
Mengandung pengertian "atau" dalam bahasa indonesia. simbol ini bekerja dengan cara yang sama dengan karakter spasi pada simbol matematika. contoh "Kepulauan or nusantara" maka search engine akan mencari seluruh dokumen yang yang mengandung kata kepulauan, nusantara atau mengandung kedua kata tersebut.
b. AND
Memiliki fungsi kurang lebih sama dengan tanda plus pada simbol matematika. diterjemahkan sebagai kata "dan". contoh : penggunaan simbol ini, "ilmu AND pengetahuan AND alam. Search engine yang menerima masukan seperti itu akan mencari dokumen di internet yang memuat tiga buah kata yaitu ilmu, pengetahuan, dan alam di dalamnya.
c. NOT
Memiliki fungsi kurang lebih sama dengan tanda minus (untuk merepresentasikan kecuali) pada simbol matematika. contoh "soto NOT lamongan" perintah itu menginstruksikan search engine untuk mencari mana yang mengandung kata "soto" yang di dalamnya tidak terdapat kata "lamongan".
d. Near
Sebuah perintah dalam metode simbol Boolean yang tidak diketemukan padanannya dalam simbol matematika. fungsi perintah ini cukup unik. contoh gambarannya seperti ini "sekolah NEAR lamongan" perintah ini akan menginstruksikan Mesin Pencari untuk mencari dokumen yang mengandung kata sekolah dan lamongan dengan jarak (jumlah kata di antara kedua kata tersebut berdekatan). contoh : sebuah sekolah di lamongan mendapatkan dana bantuan dari PBB atau seorang siswa sekolah swasta di lamongan berprestasi di amerika.

ya itulah sedikit trik pencarian di search engine dari saya semoga bermanfaat dan jangan lupa follow blog kami ya...
terima kasih

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 comments:

Back to top ↑
Connect with Us

    Followers

    Powered by Blogger.

What they says

© 2013 Teknologi Komputer. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.